Guest Teacher dari Flinders University Australia PDF Print E-mail
User Rating: / 1
PoorBest 

Menanamkan budaya literasi merupakan aktivitas utama yang dilakukan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Kegiatan peningkatan literasi bagi siswa-siswi kerap dilakukan oleh Perpustakaan dan didukung setiap level baik SD, SMP maupun SMA di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe.

Salah satu dukungannya yaitu pada tanggal 8 Agustus 2017, Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe menjadi salah satu tempat diadakannya “Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh-Indonesia Tahun 2017”.

 

Disamping itu pada hari yang sama, Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe menerima kedatangan tamu dari Pembina Taman Baca Savvas, beliau adalah Dr. Michael X. Savvas merupakan dosen dari Flinders University. Kedatangan beliau beserta anaknya yang bernama Olivia Savvas dan juga didampingi oleh Pemimpin Taman Baca Savvas sendiri yang bernama Zainah Rahmiati. Zainah Rahmiati merupakan anak didiknya sendiri ketika dia menempuh pendidikannya master degree di Australia. Adapun Taman Baca Savvas telah berdiri sejak 4 Februari tahun 2016, dan sejak saat itu menjadi tempat berkumpulnya anak-anak sekitar gampong Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat yang ingin membaca dan bermain di taman baca tersebut.

 

Kedatangan tamu dari Australia disambut sangat antusias oleh siswa-siswi Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Hal ini terlihat dari antusias banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada Michael dan Zainah ketika di dalam kelas. Diawal pembukaan dilakukan oleh anaknya sendiri yang bernama Olivia dengan memperkenalkan budaya yang ada di Australia. Sebagian umumnya anak-anak menanyakan kultur perbedaan budaya antara Indonesia dan Australia. Ada hal yang menarik ketika sesi tanya jawab dengan Michael dimana ada siswi yang bernama Martha Cristina Hutauruk kelas X Volcano sangat ingin mengetahui bagaimana caranya agar dia bisa mengunjungi Australia. Michael sangat antusias menjawabnya, sembari memberikan motivasi kepada anak tersebut dan anak-anak lainnya. Dia mengatakan bahwa semua anak memiliki kemungkinan untuk bisa pergi ke Australia asalkan mau belajar dan berusaha apalagi kalau dia seorang guru dimana harus memiliki ilmu yang lebih untuk diajarkan ke anak didiknya.

 

Kegiatan peningkatan literasi hari sekolah mengharapkan agar siswa dan siswi melakukan interaksi langsung percakapan dalam bahasa Inggris dengan native speaker. Pun melatih keberanian anak-anak dalam berbahasa Inggris, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa-siswi untuk membaca dan mengunjungi taman bacaan disekitar seperti halnya Taman Baca Savvas di Desa Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat Lhokseumawe.

 

Maina Sara, SE, MA, Guru Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe | 8 Agustus 2017
 

Sponsor

Penerimaan Siswa Baru Klik disini!
Banner
---FIRST COME FIRST SERVED---



Copyright@Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe
a school that works