Safari Gerakan Nasional Pembudaayaan Kegemaran Membaca PDF Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 

Safari Gerakan Nasional Pembudaayaan Kegemaran Membaca di kota Lhokseumawe-Provinsi Aceh/Indonesia, 08 Agustus 2017 Tahun 2017

Implementasi Revolusi Mental melalui Gerakan nasional Gemar membaca dalam rangka meningkatkan Indeks Literasi masyarakat.

Program Tahunan Perpustakaan Nasional RI, salah satunya adalah melakukan safari pada tiap -tiap daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Aceh merupakan provinsi paling ujung di pulau Sumatera, dalam gugusannya Aceh memiliki 23 Kabupaten Kota. Pada tiap Kota dibangun sarana fasilitas untuk penyebaran virus literasi. Salah satunya kota Lhokseumawe yang berada di tengah-tengah Provinsi Aceh. Dimana kota Lhokseumawe terdapat Perpustakaan kota yang menyediakan segala bentuk informasi dan kegiatan disana. Salah satu bentuk kegiatan yang sudah berjalan diantaranya Kunjungan Mobil Pustaka Keliling. Untuk Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe kerjasama dalam hal tersebut sudah terjalin semenjak tahun 2012 yang lalu. Semenjak pertama kali Mobil Pustaka keliling turun ke Lhokseumawe. Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe merasakan Gerakan Literasi tersebut.

 

Sampai saat ini juga masih dilakukan kerjasama dalam kegiatan Literasi. Dalam rangka mendukung kegiatan tersebut Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe diberikan kesempatan menjadi tuan Rumah dalam Gerakan Literasi yang dilaksanakan pada tanggal 08 Agustsu 2017.

 

Kegiatan tersebut menghadirkan para Narasumber dari berbagai Instansi, diantaranya :

Bapak T. Syamsul Bahri M.Si merupakan pustakawan utama Perpustakaan Nasional RI.

Bapak Anwar Indri merupakan Anggota DPR RI Komisi 10 Bidang Pendidikan, Pemuda dan olah raga Pariwisata dan perpustakaan berasal dari Fraksi P3

Bapak Zulkifli S.Pd., M.Pd selaku Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Aceh

Bapak Drs. Mustafa M.Pd Selaku Kepala Dinas Perpustakaan Kota Lhokseumawe

Bapak Drs. Buchary Budiman selaku Penulis Buku Kamus Bahasa Aceh dan hikayat asli Putro Aceh.

 

Seluruh pemateri memaparkan materi yang berkenaan dengan Literasi. Dimana kegiatan ini dihadiri hampir 200 peserta dari kalangan siswa SMA, Guru dan para penggerak Literasi Baca yang tersebar di Lhokseumawe.

 

Tujuan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk Promosi dan ajakn kepada seluruh khalayak ramai bahwa literasi itu wajib hukumnya setiap orang. Sesuai dengan Ayat pertama yang diturunkan oleh Allah swt. Kepada Nabi yaitu Iqra (Baca). Berdasarkan hal inilah menjadikan salah satu gerakan yang harus terus digalakkan untuk menciptakan generasi bangsa yang tidak tertinggal dan mau maju bersama.

Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan baik, walau masih banyak kekurangan disana-sini. Tidak menyrutkan motivasi para peserta untuk mengikuti acara ini sampai dengan selesai. Semoga Setiap tahunnya Sukma Bangsa diberikan kesempatan untuk dapat bekerjasama dengan seluruh instansi yang bergerak dibidang literasi.

Salam Inspirasi, Salam Literasi.

Ernawati, S.Sos, Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe

 

Sponsor

Penerimaan Siswa Baru Klik disini!
Banner
---FIRST COME FIRST SERVED---



Copyright@Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe
a school that works