Home » DARURAT COVID-19, Wali Kelas semakin hebat!

DARURAT COVID-19, Wali Kelas semakin hebat!

by pusdatin ssbLhok

Dilansir dari KOMPAS.com– Kepala Bidang Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Rita Rosita membenarkan adanya perpanjangan status darurat bencana akibat virus corona hingga 29 Mei 2020. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan BNPB Nomor 13A yang ditandatangani oleh Doni Monardo selaku Kepala BNPB. “Ya benar (ada surat keputusan),” ujar Rita dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (17/3/2020). Berdasarkan dokumen surat yang telah dikonfirmasi tersebut, ada empat poin keputusan Kepala BNPB soal perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia. Pertama, menetapkan perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia. Kedua, perpanjangan status keadaan tertentu sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu berlaku selama 91 hari, terhitung sejak 29 Februari 2020 sampai dengan tanggal 29 Mei 2020. Ketiga, segala biaya yang akan dikeluarkan sebagai akibat ditetapkannya surat keputusan ini dibebankan kepada dana siap pakai yang ada di BNPB. Keempat, keputusan ini berlaku pada tanggal ditetapkan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan, akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya. Surat tersebut ditetapkan pada 29 Februari 2020. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Masa Darurat Bencana akibat Virus Corona Diperpanjang hingga 29 Mei”, https://nasional.kompas.com/read/2020/03/17/13515461/masa-darurat-bencana-akibat-virus-corona-diperpanjang-hingga-29-mei
          Menanggapi hal tersebut serta berpedoman pada surat edaran pemerintah Aceh, khususnya walikota Lhokseumawe Nomor: 275/2020 tanggal 26 Maret 2020 tentang cegah Virus Corona dengan belajar di rumah, dan hasil rapat Managemen Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe tentang upaya pencegahan/ memperkecil resiko penyebaran Virus Corona maka diputuskan bahwa kegiatan pembelajaran Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe dilaksanakan di rumah masing-masing. Pembelajaran ini menggunakan google classroom sebagai kelas online. Setiap guru mata pelajaran membuka kelas di google classroom sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, orang tua siswa juga diminta memantau aktivitas siswa selama belajar di rumah.
Wali Kelas Hebat
        Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Wali Kelas adalah guru yang selain mengajar juga ditugaskan membina dan membimbing siswa yang menjadi tanggungjwabnya dalam satu kelas. Walikelas juga motivator bagi siswa di kelasnya. Selama belajar di rumah, Walikelas menjadi jembatan penghubung antara guru, siswa dan orang tua. Walikelas selalu memantau aktivitas siswa sejak hari pertama belajar di rumah. Pada jadwal sebenarnya, Wali Kelas memantau siswa dari jam 07.30 WIB – 12.00 WIB setiap harinya mulai dari conditioning class, setor tahfidz hingga berakhirnya kegiatan belajar mengajar.
 
        Sebelum conditioning class, Wali Kelas mengingatkan siswanya untuk sarapan dan mempersiapkan diri mengikuti KBM online. Kegiatan Conditioning Classdimulai dengan mengabsen siswa via wa group untuk mengetahui jumlah siswa yang hadir pada KBM online hari itu. Jika ada siswa tidak mengisi absen, maka walikeas dengan sigap menghubungi orangtua siswa yang bersangkutan guna mengkonfirmasi ketidakhadiran siswa.
 

 

Setelah conditioning class selesai, Wali Kelas mengarahkan siswa untuk shalat Dhuha kemudian dilanjutkan dengan Literasi Al-quran (tahfidz). Kegitan Literasi Al-Quran yang dilaksanakan merupakan cara sekolah membantu siswa dalam proses hafalan juz 30. Biasanya kegiatan ini berlangsung setiap hari Selasa dan Kamis dan sudah terjadwal surah yang harus dibaca dan dihafal perminggu. Pada hari selasa siswa bersama guru belajar membaca surah yang ditetapkan sambil membenarkan bacaan yang masih kurang tepat. Kemudian di hari kamis siswa akan menyetor bacaan surahnya dalam bentuk hafalan. Guru mengontrol hafalan siswa melalui kartu setoran hafalan surah sehingga terlihat surah apasaja yang sudah diihafal dan yang belum. Pada masa darurat ini, kegiatan literasi Al-quran berlangsung secara online. Ananda menghafal surah kemudian merekam video hafalan dan dikirimkan ke walikelas melalui kelas online di google classroom. Beberapa siswa juga mengirimkan via wa group.

 Setelah kegiatan tahfidz selesai, Wali Kelas mengarahkan siswanya untuk mengikuti KBM online bersama guru mata pelajaran sesuai jadwal belajar yang telah di bagikan. Kenyataanya, para walikelas hebat tidak pernah berhenti memantau siswanya hingga malam hari setiap harinya. Tak jarang, ketika KBM berlangsung, walikelas yang tidak masuk masuk kelas tetap berinisiatif bergabung di kelas dan memfasilitasi guru yang mengajar serta siswa yang sedang mengikuti pembelajaran. Lain lagi halnya ketika walikelas ada jadwal mengajar di kelas lain, walikelas tetap menyempatkan diri melirik group kelas serta membalas semua chat siswa yang ketika itu mungkin butuh bantuan. Walikelas juga selalu aktif mengingatkan orang tua untuk bekerjasama memantau ananda agar mengikuti KBM online dengan baik serta mengkomunikasikan segala hal terkait pembelajaran online agar semuanya berjalan lancar.

Tidak berhenti disitu, jika ada siswa di kelasnya yang bermasalah seperti tidak mengikuti KBM online dan tidak mengumpulkan tugas maka walikelas juga orang yang pertama membantu mengatasi masalah tersebut. Walikelas mampu/ berusaha  memberi motivasi kepada siswanya dengan melakukan berbagai pendekatan, harapannya agar menimbulkan kesadaran diri siswanya untuk menjadi lebih baik. Semua kegiatan ini dituangkan Wali Kelas dalam bentuk laporan tertulis edisi bulan Maret sebagai refleksi kegiatan belajar selama di rumah. Hal ini sudah menjadi tanggungjawab walikelas setiap bulannya.
Inilah wali kelas, para guru hebat yang selalu siap.
Salam,
Wali Kelas VII Nabawi SMPS Sukma Bangsa Lhokseumawe

Ikhwani, S.Pd.

You may also like

Leave a Comment