Kiat Meningkatkan Nilai Toefl
Nilai Toefl merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan dalam penguasaan Bahasa Inggris untuk siswa-siswa di SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe. Siswa-siswa SMA Sukma diharapkan bisa mencapai nilai Toefl yang memadai yang nantinya akan berguna ketika melanjutkan studi ke universitas. Oleh karena itu, memberikan pengenalan Toefl sedini mungkin sangat diperlukan. Maka, selain mendapatkan bimbingan di sekolah dengan guru bidang studi, diperlukan juga tips dan trick tambahan dari tenaga ahli yang sudah terbiasa bergelut dengan soal-soal TOEFL. Dalam hal ini SMA Sukma mengundang Khalil, S.Pd, M.Pd dari Pusat Bahasa Universitas Al Muslim.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 16 November 2022 di ruang meeting yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII. Sesi pembelajaran ini diawali dengan pemaparan materi tentang topik topik dengan intensitas paling sering diujikan dalam tes Toefl. Kemudian dilanjutkan dengan latihan menjawab soal baik berupa soal listening, reading maupun structure.
Pemaparan ini sangat menarik dan siswa juga merespon dengan sangat baik. Banyak diksusi dan tanya jawab yang terjadi di sepanjang penyampaian materi. Ada siswa bertanya tentang bagaimana menjawab pertanyaan listening jika kita tidak bisa menangkap semua kata yang kita dengar. Dan pemateri menjawab bahwa salah satu tricknya kita bisa fokus pada pembicara yang kedua. Namun ada juga siswa yang masih kesulitan mengikuti penjelasan yang disampaikan sehingga guru bidang studi yang bertindak sebagai pendamping, berusaha memberikan penjelasan secara personal kepada siswa yang bersangkutan. Tapi ada kendala yang kami rasakan berkenan suara sound system yang kurang jelas ketika sesi latihan menjawab latihan dilakukan. Tentu ini harus menjadi catatan kita bersama dalam perawatan fasilitas sekolah.
Tentu saja banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan ini. Untuk siswa, mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kiat meningkatkan nilai Toefl. Sedangkan bagi kami guru bidang studi juga mendapatkan trick tambahan yang nantinya bisa kami praktekkan ketika membimbing siswa di kelas.
Penulis : Ihsan Umraiti (Guru B. Inggris SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe)