
Kuliner Indonesia dengan kreasi Gantungan Tas!
Kekayaan kuliner Indonesia, dengan keunikan rasa dan karakteristik khas setiap daerah, dapat menjadi media pembelajaran yang sangat kuat. Salah satu cara untuk mendalaminya adalah me-lalui penerapan pembelajaran mendalam (deep learning), sebuah pendekatan yang bertujuan membangun pemahaman konseptual yang kuat pada peserta didik. Ciri dari pendekatan ini adalah keaktifan siswa, kemampuan berpikir kritis, dan terciptanya pengalaman belajar yang bermakna.

Sebagai bukti nyata, siswa kelas III SD Sukma Bangsa dari kelas Norwegia, Finlandia, dan Islandia baru-baru ini menyelesaikan sebuah proyek pem-belajaran mendalam: membuat gantungan tas (bag charm) yang dihiasi gambar aneka kuliner tradisional Indonesia. Kegiatan pada Selasa, 2 September 2025 itu tidak hanya sekadar berkreasi, tetapi juga menjadi sarana mempromosikan ke-kayaan budaya nusantara kepada dunia, karena proyek ini akan dikirimkan ke Ekiya-nishi, Jepang.
Sebagai guru Bahasa Inggris kelas III SD, saya memandu siswa dalam proyek sederhana ini. Bahan-bahan yang digunakan meliputi gambar makanan dan minuman tradisional berukuran seragam, gunting, kertas karton putih, dan rantai lada sebagai gantungan. Proyek ini dirancang untuk memiliki manfaat ganda: tidak hanya mem-perkenalkan kuliner tradisional, tetapi juga meng-hasilkan aksesoris yang menarik dan lucu bagi anak-anak.

Pada tataran yang lebih luas, proyek ini dirancang untuk menumbuhkan minat siswa terhadap warisan kuliner Indonesia dalam sebuah ling-kungan belajar yang interaktif dan kontekstual. Aspek pembelajarannya dirancang secara in-tegral, di mana pelatihan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dan mene-mpel berjalan beriringan dengan pengembangan kompetensi sosial seperti kolaborasi dan tang-gung jawab pribadi dalam menyelesaikan proyek kelompok.
Dengan demikian, proyek gantungan ini meru-pakan perwujudan nyata bagaiÂmaÂna pembela-jaran mendalam dapat diterapkan untuk mencip-takan pengalaman belajar yang kontekstual, mendalam, dan menyenangkan.
Penulis: Annisa Aris Tantya, S. Pd., Gr., M.A (guru kelas SD Sukma Bangsa)



