Home » Membangun Teamwork yang Solid

Membangun Teamwork yang Solid

by pusdatin ssbLhok

Mengapa membangun teamwork yang solid sangat penting? Tim adalah suatu unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang berinteraksi dan berkoordinasi untuk mencapai tujuan tertentu. Teamwork adalah kemampuan individu bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama (Tenner dan Detero dalam Hastuti: 2009). Setiap individu mempunyai peranan yang penting untuk mewujudkan teamwork yang solid. Bekerja dalam tim akan lebih mudah mencapai tujuan dibandingkan bekerja secara individual, hal ini dikarenakan bekerja dengan tim bisa menciptakan kebersamaan yang berlangsung terus menerus sehingga terjalin kedekatan antara individu dalam tim. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membentuk teamwork yang solid di antaranya saling melengkapi, saling percaya, kerja sama, bertanggung jawab, pemimpin yang bijaksana dan tentu perlu adanya evaluasi untuk mencapai tujuan lebih optimal lagi.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna, yang ada hanyalah saling menyempurnakan. “Kita bukanlah sebatang pohon, tetapi kita hanyalah setiap helai daun yang saling terhubung dan saling melengkapi satu sama lain”. Dalam dunia kerja, saling melengkapi merupakan hal yang wajib untuk mewujudkan teamwork yang solid. Saling melengkapi juga bisa diartikan sebagai kondisi saling bergantung karena setiap orang memiliki keahlian dan kemampuan yang berbeda-beda sehingga dengan keahliannya itu akan saling melengkapi anggota tim yang lain. Ketika beragam keahlian tersebut dipadukan maka akan menjadi satu kekuatan untuk mencapai tujuan.

Selain itu, sikap saling percaya juga merupakan hal yang penting untuk mewujudkan tim yang solid. Membangun kepercayaan memang tidak mudah, akan tetapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun rasa saling percaya, seperti biasakan saling terbuka, menerima masukan dan sesekali buat acara bersama agar terjalin kebersamaan dan akhirnya memperkuat rasa saling percaya. Jika sudah ada kepercayaan dalam suatu lingkungan kerja, akan semakin mudah menerima pendapat/gagasan dari teman kerja maupun dari atasan sehingga apa yang akan dilakukan ke depan akan lebih mudah untuk dikerjakan.

Begitu pula dengan kerja samaKerja sama dapat meningkatkan semangat, produktivitas, komunikasi, dan hubungan sosial dalam pekerjaan sehingga pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah. Kerja sama merupakan kemampuan mengarahkan dan mendorong sesama untuk mencapai tujuan. Kerja sama dapat diwujudkan dengan baik apabila seluruh anggota tim menggabungkan kekuatan masing-masing individu untuk meningkatkan kinerja sehingga menjadi tim yang kuat. Manfaat lain dari bekerja sama adalah dapat menghasilkan ide baru yang lebih kreatif dan inovatif karena ketika kita bekerja sama kita akan saling tukar pikiran sehingga menghasilkan kreativitas dan inovasi yang baru.

Orang yang mau bekerja sama juga terlihat lebih bahagia. Dalam bekerja pasti pernah mengalami kejenuhan, salah satu cara untuk mengatasi itu adalah dengan bekerja sama. Saat bekerja sama kita akan berbagi tugas, dengan begitu kita akan lebih bersemangat dan termotivasi dalam menyelesaikan tugas. Ketika tugas selesai tepat waktu dan sesuai harapan maka seketika itu kita akan bahagia.

Salah satu cara lain untuk menjaga kekompakan adalah membuat setiap anggota memiliki rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan masing-masing. Dalam Islam bekerja merupakan ibadah untuk mencari rezeki dari Allah. Melalui tanggung jawab diharapkan dapat menyelesaikan tugas besar maupun kecil dengan baik, membentuk rasa peduli serta meningkatkan konsistensi dalam bekerja. Beberapa contoh tanggung jawab dalam bekerja adalah hadir tepat waktu, bekerja dengan sungguh-sungguh dan berlaku jujur. Penerapan contoh-contoh tersebut sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya sikap bertanggung jawab dalam bekerja.

Dalam mewujudkan sebuah tim yang solid juga dibutuhkan peran pemimpin yang kuat dan bijaksana, pemimpin yang bisa memberi contoh dan memotivasi anggota tim. Peran pemimpin menjadi penting karena pemimpinlah yang mengontrol, mengelola, menggerakkan dan memastikan anggota tim bekerja sesuai kompetensinya dengan tujuan membawa tim tersebut mencapai keberhasilan. Pemimpin yang baik akan memberikan arahan, semangat dan motivasi kepada anggota tim untuk mencapai tujuan atau target yang ingin dicapai.

Selain yang telah dipaparkan di atas, masalah ataupun konflik juga menjadi hal yang lumrah terjadi dalam sebuah tim. Hal tersebut bisa muncul dengan berbagai faktor seperti perbedaan persepsi, ketidakcocokan personalitas, miskomunikasi, ketimpangan kinerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, rasanya perlu melakukan evaluasi kinerja. Contohnya evaluasi kinerja guru di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Evaluasi dilakukan dari atasan, teman sejawat maupun siswa untuk mengetahui hal apa yang harus ditingkatkan kemudian mencari solusi yang tepat untuk memperbaiki diri lebih baik ke depan.

Berada dalam sebuah tim yang solid merupakan impian semua orang. Tanpa tim yang solid maka akan sangat sulit untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Membentuk tim yang solid bukanlah hal yang mudah, tetapi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk mendapatkan tim yang solid. Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe mewujudkannya dengan beberapa cara sederhana di atas. Sesuai dengan visi sekolah yaitu menciptakan lingkungan belajar yang positif. Semoga kita bisa bekerja dengan baik dalam sebuah tim sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan harapan menjadi teamwork yang solid. Pepatah mengatakan bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, artinya suatu hal akan berhasil jika kita kerjakan secara bersama atau secara gotong royong. Teruslah belajar dan berkarya!

By: Ikhwani, S. Pd (Guru SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe)

*Artikel ini sudah dimuat di acehtrend.com, tanggal 09/08/2021

Leave a Comment