Membuat Gantungan Kunci Berbentuk Bangun Datar
Pembelajaran di sekolah Sukma Bangsa selain belajar memahami materi juga siswa harus melakukan praktik kecil dalam kegiatan pembelajarannya. Kegiatan praktik yang dimaksud yaitu class project. Kegiatan class project akan menumbuhkan keinggintahuan siswa dalam memahami materi lebih dalam tentang materi yang dipelajari. Kegiatan class project terlaksana berkat rumusan guru yang mengajar untuk memberikan pengalaman baru di dalam siswa belajar.
Seperti halnya dengan belajar matematika di kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar, guru merumuskan class project dilaksanakan setelah pembahasan materi berakhir, dimana siswa akan membuat gantungan kunci berbentuk macam-macam bangun datar yang memuat rumus keliling dan luas bangun datar, yang bertujuan selain siswa mengenal macam-macam bangun datar juga memahami rumus dalam menghitung keliling dan luas bangun datar.
Selain siswa mengenal macam-macam nama bangun datar dalam bahasa Indonesia ternyata juga siswa bisa mengetahui macam-macam nama bangun datar dalam bahasa Inggris dan bisa mengenal ungkapan-ungkapan sederhana dalam bahasa Inggris yang memuat pada berbeda dari bangun tersebut, maka dalam hal ini saya mengajak guru bahasa Inggris untuk berkolaborasi dengan pelajaran Matematika. Adapun kegiatan class project siswa dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2022 di kelas IV Iran dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 09.10 dan di kelas IV Turki dari pukul 09.10 sampai pukul 10.15, disesi dan waktu yang berbeda dengan tujuan yang sama. Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok yang terbagi dalam 5 kelompok beranggotakan 5 sampai 6 siswa masing-masing kelompok. Setiap kelompok guru membagikan bahan praktik yaitu karton tebal, kertas origami, macam-macam bangun datar yang telah guru print dan lem. Kegiatan berikutnya siswa mendengar instruksi dari guru berupa langkah-langkah pengerjaan mulai dari menggunting bangun datar dan menempel bangun datar dan karton yang sudah ditempel dikumpulkan kembali ke guru untuk dilaminating, baru setelah itu siswa potong kembali bangun-bangun tersebut, dilobangin dan diberikan gantungannya masing-masing. Gantungan kunci berbentuk bangun datar siap dipakai ditas siswa selain bisa jadi hiasan ditas bisa juga menjadi ilmu yang selalu bisa dibaca dan diinggat.
By : Muhammad Yuzaldi, S. Pd. I (Guru Matematika SD Sukma Bangsa Lhokseumawe)