Home » Mengenal Mata Uang Rupiah Dari Tim Bank Indonesia

Mengenal Mata Uang Rupiah Dari Tim Bank Indonesia

by pusdatin ssbLhok

Salah satu program andalan di sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe adalah Guest Teacher. Melalui kegiatan ini, peserta didik dapat pengalaman belajar secara langsung dari ahlinya sehingga membuat daya tarik yang semakin meningkat pada peserta didik terhadap mata pelajaran matematika, khususnya materi mata uang di kelas III SD. 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Erninawaty sebagai guru matematika kelas III SD dengan mengundang tim Bank Indonesia untuk memberikan sosialisasi kepada peserta didik agar lebih mencintai dan bangga terhadap mata uang rupiah yang merupakan mata uang Indonesia. Kegiatan dilakukan dua sesi, setiap sesi diadakan untuk satu kelas. Sesi pertama untuk kelas III Lebanon dan sesi kedua untuk kelas III Yordania. Hal ini bertujuan agar kegiatan berlangsung secara kondusif dan efektif serta memudahkan guru mengelola kelas dalam memberikan materi.

Tujuan dari kegiatan guest teacher ini diantaranya adalah untuk menambah pengetahuan peserta didik tentang mata uang rupiah yaitu jenis-jenis uang yang berlaku saat ini, manfaat uang, cara menjaga dan merawat uang, memeriksa keaslian uang, dan bagaimana uang dicetak serta disebarkan ke masyarakat oleh Bank Indonesia. Para guru tamu memberikan penjelasan melalui media gambar dan video yang menarik dan mudah dipahami para siswa. Para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini dikarenakan selain menambah pengetahuan siswa, terdapat kegiatan tanya jawab yang disertai pembagian hadiah bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang mereka berikan. Hadiah yang diberikan adalah sumbangan dari pihak Bank Indonesia sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan ini. Bank Indonesia memiliki program Mencintai Rupiah yang bertujuan untuk meningkatkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap mata uang rupiah. Saat tim Bank Indonesia diundang ke sekolah, mereka sangat antusias dikarenakan sangat bertepatan dengan program yang mereka adakan.

By : Erninawaty, S. Pd (Guru SD Sukma Bangsa Lhokseumawe)

You may also like

Leave a Comment