Home » Our Ocean “IX-Aqsha”

Our Ocean “IX-Aqsha”

by pusdatin ssbLhok
     Tahun pelajaran baru 2019-2020, siswa baru, suasana sekolah baru, tim level yang baru, dan hal baru lainnya. Dari segala hal baru tersebut, Alhamdulillah tahun ini saya diamanahkan menjadi walikelas kelas IX di SMP Sukma Bangsa Lhokseumawe. Hal ini menjadi sebuah kebanggan dan juga beban yang sangat besar yang harus saya tanggung untuk bisa membimbing dan menjaga siswa/i kelas IX sampai waktunya mereka lulus nanti.
Salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Sekolah Sukma Bangsa setiap awal tahun ajaran baru ialah Display Class. Apa itu? Display Class merupakan sebuah kegiatan menghias kelas dengan tujuan membuat kelas lebih nyaman untuk dihuni. Biasanya siswa akan memperindah kelas mereka sesuai dengan nama dan tema kelasnya. Untuk tahun ini, SMP masih menggunakan nama kelas yang sama seperti tahun lalu yaitu nama – nama masjid yang ada di dunia. Dan nama kelas kami adalah “IX Al – Aqsha”, dengan 20 siswa/i di dalamnya.
Sebelum memperindah kelas, pastinya kami berdiskusi terlebih dahulu tentang tema kelas. Mungkin nama Al – Aqsha pasti identiK dengan masjid dan suasana timur tengah. Tapi kali ini kami ingin sedikit merubah tema kelas dari tahun sebelumnya. Saat berdiskusi menentukan tema kelas, banyak siswa yang memberikan saran seperti Galaxy, Ocean, Forest, dan lain – lain. Setelah berdiskusi lumayan panjang, akhirnya kami menentukan untuk tema display class kami adalah Ocean atau lautan. Apa alasannya?  Mereka bilang, supaya mereka bisa melihat dunia sedalam lautan dan menggapai mimpi seluas samudera…so sweettt….
Kami diberikan waktu untuk menyelesaikan display class selama 4 hari. Dalam kegiatan display class kali ini juga ditetapkan beberapa syarat seperti menggunakan barang – barang bekas, membuat tiga tempat sampah kering di kelas, dan juga taman ceria di depan kelas. Selama 4 hari tersebut kami saling bekerjasama untuk menyelesaikan display class tersebut. Untuk bagian depan kelas di area papan tulis, kami menempelkan nama kelas menggunakan kardus bekas yang telah dibentuk menjadi tulisan IX Al – Aqsha. Di bagian – bagian dinding kelas, kami menempelkan gambar – gambar hewan laut seperti ikan, ubur – ubur, terumbu karang, dan makhluk laut lainnya. Di bagian reading corner, kami menempelkan sebuah quote atau kalimat bijak yang bertuliskan ”I’m the ocean. I’m the sea. There is a world inside of me”. Apa artinya?  “Aku adalah samudera. Aku adalah lautan. Ada sebuah dunia di dalam diriku”.
 
Setelah 4 hari berjalan, akhirnya kelas kami selesai dan sudah lebih indah sesuai dengan tema yang kami sepekati. Kami merasa sangat puas dengan hasil yang kami dapatkan. Pastinya semua itu tidak selalu berjalan lancar. Karena saat mengerjakan display class, masih ada beberapa siswa yang belum memiliki inisiatif untuk saling membantu teman lain yang sedang sibuk. Ada juga beberapa siswa yang belum memiliki kemandirian dalam melaksanakan tugasnya. Tetapi dibalik hal tersebut, ada beberapa manfaat yang dirasakan oleh saya sebagai walikelas dan juga oleh siswa itu sendiri. Keakraban sudah mulai terbangun selama melakukan display class ini, walaupun sebelumnya ada beberapa dari mereka yang sudah akrab.
 
Hal lain yang bisa diamati selama melakukan display class ini adalah kreatifitas siswa yang belum benar – benar maksimal. Mereka masih belum percaya diri untuk menunjukkan ide kreatifitas dan masih bergantung pada walikelas untuk melakukan sesuatu. Dari hal itu, apakah walikelas merasa terbebani atau malah merasa sangat senang. Saya merasakan kedua hal tersebut. sedikit terbebani dengan keadaan siswa yang belum terlalu mandiri sekaligus merasa sangat senang juga karena bisa akrab dan berbagi cerita dengan mereka dalam waktu yang terbilang sangat singkat
Di pagi hari Senin pada minggu selanjutnya, juri display class mengumumkan pemenang dari berbagai kategori. Kami tidak terlalu berharap akan kemenangan, karena melihat kelas lain yang juga sangat bagus. Karena yang terpenting adalah kepuasan setelah kerja kerasnya, bukan hanya tentang juaranya. Saat dimumkan ternyata kelas IX Al – Aqsha mendapatkan reward sebagai “Kelas Terfavorit 2”. Langsung semua anggota kelas bersorak gembira, saya dan Reval sebagai ketua kelas langsung maju ke depan untuk menerima hadiah. Setelah itu kami langsung menuju kelas dan bersama – sama menikmati hadiah yang diberikan. 
Beberapa hal yang bisa saya simpulkan dan ambil hikmahnya adalah display class bukan sedekar berlomba – lomba mengeluarkan kreatifitas untuk memperindah kelas dan manjadi juara, tetapi dalam display class ini bisa dapat saling lebih mengenal pribadi teman yang lain, melatih kerjasama sesama anggota kelas dan walikelas, melatih dan meningkatkan rasa tanggungjawab, dan juga melatih kemandirian untuk menyelesaikan suatu tugas. Semoga kelas IX Al-Aqsha selalu kompak, sopan, dan menjadi kebanggaan di lingkungan sekolah maupun keluarga di rumah. IX Al – Aqsha….go..go..go….  
by Cut Hani Safira, walikelas IX Aqsa 

You may also like

Leave a Comment