Home » Siswa Sukma Bangsa Lhokseumawe Raih Medali Perak FLS2N Nasional

Siswa Sukma Bangsa Lhokseumawe Raih Medali Perak FLS2N Nasional

by pusdatin ssbLhok

SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe berhasil memperoleh 1 medali perak pada ajang lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat nasional tahun 2020 mewakili Provinsi Aceh. Lomba tersebut dilaksanakan secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional pada 28 September sampai 3 Oktober 2020.


Ajang lomba FLS2N diperuntukan kepada seluruh siswa dan siswi mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, SLB dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri. Untuk jenjang SMA terdapat 9 katagori lomba yaitu: baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, vocal solo, desain poster, film pendek, kriya dan komik digital. FLS2N tahun 2020 ini mengusung tema “Berprestasi, Unggul dan Mendunia dengan proses berkarya dari rumah masing-masing secara daring”.

Guru Seni Budaya SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe, Willy Surya Prayoga, S.Sn, Selasa (6/10/2020) menyebutkan bahwa FLS2N tahun ini begitu istimewa karena proses perlombaan berbeda dari tahun sebelumnya. Semua proses dilakukan secara daring, tentunya tidak mudah dan banyak keterbatasan. Namun dari sinilah siswa dituntut untuk mengembangkan kreatifitasnya.

Qurratu Aini, siswi SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe, peraih medali perak pada kategori lomba Komik Digital, mengirim komik dengan judul: “Kaleng Kosong Nyari(ng) Bunyinya”.

“Proses lomba komik digital di tingkat nasional hanya berdurasi 24 jam. Peserta diminta untuk membuat komik sebanyak 10 panel dengan materi yang diberikan oleh dewan juri,” Sebut Ulima Uzlah, pembimbing komik Digital.

Ulima Menambahkan, cerita di dalam komik menggambarkan seorang anak Aceh yang terus berproses untuk mengejar prestasi tanpa mengharapkan pujian dari orang lain. Unsur kearifan lokal yang ditonjolkan adalah Rumoh Adat Aceh dan Tari Seudati.

Sementara itu, kepala sekolah SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe, Zubir, S.Si, mengapresiasi pencapaian yang diperoleh oleh anak didiknya. “Proses stay at home tidak menjadikan batasan dalam berkarya dan berkreatifitas. Hal ini juga sangat membanggakan karena menjadi mendali pertama di tingkat nasional pada ajang lomba FLS2N bagi SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe. semoga prestasi ini dapat memotivasi siswa lainnya,” ucap Zubir penuh Bangga.


*Artikel ini sudah dimuat di acehtrend.com, tanggal 06/10/2020

 

You may also like

Leave a Comment