Mengajarkan Sambil Menikmati Alam
(1) Salt Lake with Ujong Blang
Belajar bukan hanya sebatas dalam kelas namun juga dapat dilakukan di alam sekitar, seperti pada hari ini Kelas X Salt Lake Sukma Bangsa Lhokseumawe melakukan observasi ke pantai Ujong Blang. Untuk mengetahui perubahan garis pantai. Itu sejalan dengan materi yang dipelajari di kelas tentang efek pemanasan global.
Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB. Sesampainya di pantai Ujong Blang, anak anak rehat sebentar sambil menikmati indahnya laut. Di waktu yang bersamaan pula, kami berbincang bincang, sharing pengalaman serta rencana pendidikan ke depannya. Setelah itu siswa berpencar sesuai kelompok masing masing untuk mengatur strategi bagaimana melakukan tugas yang telah diberikan untuk mewawancarai penduduk pesisir pantai tentang pergeseran garis pantai.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. setiap kelompok mencari penduduk sekitar pantai. namun tidak semudah yang di bayangkan, dikarenakan ada dua kelompok yang harus mencari sedikit lebih jauh dari lokasi berkumpul karena beberapa dari penduduk sekitar kurang memahami tentang pergeseran garis pantai, dan penduduk tersebut merupakan pendatang baru sehingga minim pengetahuan tentang hal tersebut. Alhamdulillah setengah jam kemudian semua kelompok berhasil mewawancarai dan memperoleh informasi sesuai dengan tugas yang diberikan.
Setelah mendapatkan informasi, siswa lebih mengetahui efek dari pergeseran air laut seperti pengaruh angin bagi pergeseran air laut, contohnya jika angin dari arah barat menuju timur, akan menyeret pasir ke arah timur, begitu pula sebaliknya. sehingga menyebabkan terkikisnya pasir laut, dan lama kelamaan menyebabkan pasang surut air laut. selain itu pula, para siswa mendapatkan informasi bahwa pasang surut air laut disebabkan aktivitas manusia seperti membuang sampah ke laut, limbah pabrik yang dibuang sembarangan ke laut, dan lain lain. Lalu informasi lain nya yaitu pasang suru t air laut terjadi sangat ekstrim dari tahun ke tahun dan mengalami peningkatan.
Setelah itu setiap kelompok mengirimkan tugas dalam bentuk video hasil kegiatan wawancara tadi ke link yang sudah diberikan. Perjalanan visit ke pantai Ujong Blang ini sangat berkesan bagi siswa sepuluh Salt Lake karena selain menikmati keindahan pantai, siswa juga mendapatkan pembelajaran yang sangat menyenangkan dan mendapatkan informasi langsung dari sumbernya.
(2) Salt Lake with Ujong Blang
Pembelajaran tidak hanya sebatas di dalam kelas, namun juga berlangsung di lingkungan alam seperti yang dilakukan kelas Salt Lake SMA Sukma Bangsa Lhoksumawe. Hal ini sesuai dengan prinsip pembelajaran Sukma Bangsa bahwa pembelajaran harus yang mampu mengembangkan pengetahuan dan pemahaman anak melalui aktivitas di alam terbuka. Belajar di luar ruangan memungkinkan anak mengamati, menyelidiki, dan berdiskusi bersama. Pembelajaran hari ini bertujuan untuk memahami penyebab perubahan yang terjadi di garis pantai, hal ini relevan dengan materi dampak pemanasan global. Pembelajaran outdoor berlangsung pukul 09:00 – 11:30 WIB, setibanya di pantai anak-anak istirahat sejenak dan menikmati keindahan laut sembari bertukar cerita rencana pendidikan masa depan.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan menyusun strategi untuk melaksanakan tugas dengan mengobservasi dan mewawancarai penduduk pesisir tentang perubahan garis pantai. Siswa berjalan menyisiri rumah warga yang bisa diwawancarai terkait perubahan yang terjadi di pesisir pantai dan dampak terhadap pemukiman warga. Beberapa warga yang diwawancarai merupakan warga pendatang sehingga belum mendapatkan informasi yang komprehensif. Namun setelah 30 menit berkeliling, akhirnya menemukan warga asli yang mengetahui detil bagaimaa perubahan garis pantai dan dampak dari perubahan garis pantai.
Berdasarkan hasil wawancara diperoleh informasi bahwa penyebab pengaruh perubahan air laut antara lain pengaruh angin. Misalnya angin bertiup dari barat ke timur maka akan menarik pasir ke arah timur dan sebaliknya. Hal ini menyebabkan erosi pasir laut dan lama kelamaan terjadi pasang surut air laut. Para siswa juga mengetahui bahwa pasang surut air laut disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti membuang sampah ke laut dan membuang limbah industri secara sembarangan. Informasi lain diperoleh bahwa pasang surut air laut sangat ekstrim dan semakin meningkat setiap tahunnya. Tugas observasi dan wawancara dibuat dalam bentuk video dan dikumpulkan pada link yang telah dibagikan sebelumnya melalui grup WA kelas.
Pembelajaran “outdoor class” yang dilakukan ke Pantai Ujong Blang menjadi pengalaman tak terlupakan bagi murid kelas X Salt Lake. Bagaimana tidak, Para siswa tidak hanya menikmati keindahan pantai namun mereka juga dapat belajar dengan menyenangkan sekaligus mendapatkan informasi langsung dari sumbernya. Semakin luas pengetahuan seorang anak terhadap bidang ilmu tersebut, maka ia akan semakin tertarik.
(3) Salt Lake with Ujong Blang
Belajar bukan hanya sebatas dalam kelas namun juga dapat dilakukan di alam sekitar, seperti pada hari ini Kelas X Salt Lake seperti pada hari ini Kelas X Salt Lake Sukma Bangsa Lhokseumawe melakukan observasi ke Sukma Bangsa Lhokseumawe melakukan observasi ke pantai Ujong Blang. Untuk mengetahui perubahan garis pantai. Itu sejalan dengan materi yang pantai Ujong Blang. Untuk mengetahui perubahan garis pantai. Itu sejalan dengan materi yang
dipelajari di kelas tentang efek pemanasan global.
Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB. Sesampainya di pantai Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB. Sesampainya di pantai Ujong Blang, anak Ujong Blang, anak–anak rehat sebentar sambil menikmati indahnya laut. Di waktu yang anak rehat sebentar sambil menikmati indahnya laut. Di waktu yang bersamaan pula, kami berbincang bincang,bersamaan pula, kami berbincang bincang, sharingsharing pengalaman serta rencana pendidikan ke pengalaman serta rencana pendidikan ke depannya.
Setelah itu siswa berpencar sesuai kelompok masingdepannya. Setelah itu siswa berpencar sesuai kelompok masing–masing untuk mengatur masing untuk mengatur strategi bagaimana melakukan tugas yang telah diberikan untuk mewawancarai penduduk strategi bagaimana melakukan tugas yang telah diberikan untuk mewawancarai penduduk pesisir pantai tentang pergeserpesisir pantai tentang pergeseran garis pantai. an garis pantai. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. setiap kelompok mencari penduduk sekitar pantai. namun Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. setiap kelompok mencari penduduk sekitar pantai. namun tidak semudah yang di bayangkan, dikarenakan ada dua kelompok yang harus mencari sedikit tidak semudah yang di bayangkan, dikarenakan ada dua kelompok yang harus mencari sedikit lebih jauh dari lokasi berkumpul karena beberapa dari penduduk sekitar kurang mlebih jauh dari lokasi berkumpul karena beberapa dari penduduk sekitar kurang memahami emahami tentang pergeseran garis pantai, dan penduduk tersebut merupakan pendatang baru sehingga tentang pergeseran garis pantai, dan penduduk tersebut merupakan pendatang baru sehingga minim pengetahuan tentang hal tersebut.
Alhamdulillah setengah jam kemudian semua kelompok berhasil mewawancarai dan memperoleh informasi sekelompok berhasil mewawancarai dan memperoleh informasi sesuai dengan tugas yang suai dengan tugas yang diberikan. diberikan. Setelah mendapatkan informasi, siswa lebih mengetahui efek dari pergeseran air laut seperti Setelah mendapatkan informasi, siswa lebih mengetahui efek dari pergeseran air laut seperti pengaruh angin bagi pergeseran air laut, contohnya jika angin dari arah barat menuju timur, pengaruh angin bagi pergeseran air laut, contohnya jika angin dari arah barat menuju timur, akan menyeret pasir ke arah timur, begitu pula sebaliknya. sehingga menyakan menyeret pasir ke arah timur, begitu pula sebaliknya. sehingga menyebabkan terkikisnya ebabkan terkikisnya pasir laut, dan lama kelamaan menyebabkan pasang surut air laut. selain itu pula, para siswa pasir laut, dan lama kelamaan menyebabkan pasang surut air laut. selain itu pula, para siswa mendapatkan informasi bahwa pasang surut air laut disebabkan aktivitas manusia seperti mendapatkan informasi bahwa pasang surut air laut disebabkan aktivitas manusia seperti membuang sampah ke lmembuang sampah ke laut, limbah pabrik yang dibuang sembarangan ke laut, dan lain lain. aut, limbah pabrik yang dibuang sembarangan ke laut, dan lain lain.
Lalu informasi lain nya yaitu pasang surut air laut terjadi sangat ekstrim dari tahun ke tahun dan lalu informasi lain nya yaitu pasang surut air laut terjadi sangat ekstrim dari tahun ke tahun dan mengalami peningkatan. mengalami peningkatan. Setelah itu setiap kelompok mengirimkan tugas dalam bentuk video hasil kegiatan wawancara Setelah itu setiap kelompok mengirimkan tugas dalam bentuk video hasil kegiatan wawancara tadi ke link yang sudah diberikan. Perjalanan visit ke pantai Ujong Blang ini sangat berkesan tadi ke link yang sudah diberikan. Perjalanan visit ke pantai Ujong Blang ini sangat berkesan bagi siswa sepuluh Salt Lake karena selain menikmati keindahan pantai, sbagi siswa sepuluh Salt Lake karena selain menikmati keindahan pantai, siswa juga iswa juga mendapatkan pembelajaran yang sangat menyenangkan dan mendapatkan pembelajaran yang sangat menyenangkan dan mendapatkan informasi langsung mendapatkan informasi langsung dari sumbernya. dari sumbernya.
Penulis : Zawahir, S.Pd.,Gr (Guru Fisika SMA Sukma Bangsa Lhokseumawe)